5 Penyebab Bisnis Online Mudah Tumbang Di Tahun Pertama

Bisnis online mudah dijalankan tetapi juga memiliki risiko kegagalan yang tinggi. Maka tidak heran ketika banyak bisnis online yang ‘tumbang’ di tahun pertama. Penyebabnya tentu sangat beragam.

Nah bagi anda yang berniat memulai bisnis online. Tentunya harus berupaya mengantinsipasi semua kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kegagalan. Anda tentunya tidak ingin berakhir sebelum merayakan ulang tahun pertama bisnis anda. Lebih jauh lagi anda tentunya tidak ingin berakhir ketika sudah memutuskan untuk memulai.

Penyebab Bisnis Online Mudah Tumbang

Pada dasarnya sebagian besar kegagalan dari bisnis online berasal dari pelaku bisnis itu sendiri. Meskipun ada faktor lain yang berasal dari luar, tentunya itu hanyalah penyebab tambahan. Berikut ini 5 penyebab bisnis online tumbang di tahun pertama.

Percaya ‘bisnis tanpa modal’

Bisnis tanpa modal sering menjadi bahasa pemasaran untuk mencari rekan bisnis online, reseller/ dropshiper. Ketika anda percaya akan hal itu dan memulai bisnis karena kalimat tersebut maka kemungkinan besar anda tidak akan bertahan sampai 1 tahun.

Pada dasarnya tidak ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Meskipun itu hanya bisnis sampingan. Namun yang namanya bisnis pasti anda membutuhkan modal.

Gambaran modal yang harus anda siapkan untuk memulai bisnis online, bahkan dengan dropship sekalipun.

  • Kuota Internet.
  • Pengetahuan dasar tentang internet marketing.
  • Testing Produk.
  • dan lainnya.

Baca: Modal Usaha Bisnis Online Yang Wajib Disiapkan

Bisnis Online Sebagai Usaha Sampingan

Banyak orang menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan. Melihat banyaknya orang yang mendapatkan penghasilan dari berjualan secara online. Kemudian tertarik juga untuk mengambil peluang usaha sampingan tersebut.

Tidak sedikit yang kemudian berhenti dari pekerjaan utamanya kemudian menekuni bisnis online. Mereka merubah bisnis online menjadi sumber pendapatan utama dan meninggalkan pekerjaannya yang sebelumnya.

Namun tidak jarang pula yang tetap menjalani pekerjaannya sambil menjalankan bisnis online. Tetap menjadikannya sampingan. Ada yang tetap betah berjalan seperti itu dengan penghasilan apa adanya. Namun ada yang memilih berhenti karena penghasilannya dari bisnis online tidak kunjung membaik.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya bisnis online harus dijalankan dengan maksimal. Karena bisnis online pada dasarnya dengan bisnis konvensional. Butuh keseriusan, ketekunan, kedisiplinan dan tentunya keinginan untuk belajar memahami apa saja yang dibutuhkan dalam bisnis online.

Ada teman yang pernah mengatakan “Kalau hanya menjadikannya sampingan jangan pernah berharap hasil maksimal”.

Benar atau tidaknya, kesimpulan tetap kembali pada anda.

Menganggap Bahwa Bisnis Online Itu Sangatlah Mudah

Banyak orang yang melihat orang lain menjalankan bisnis online dan memberikan penilaian bahwa bisnis tersebut sangatlah mudah. Secara sepintas pelaku bisnis online hanya sekedar upload produk ke sosial media, marketplace atau toko online.

Kelihatannya memang sangat mudah. Namun ketika mulai terjun langsung dan menjalaninya. Baru merasakan seperti apa tantangannya. Ternyata banyak hal yang harus dilakukan. Secara singkat gambarannya adalah sebagai berikut:

  • Cara menemukan taret pasar.
  • Cara meyakinkan calon pelanggan.
  • Cara membuat materi promosi.
  • Cara mengatasi persaingan.
  • dan lainnya.

Baca: Persiapan bisnis online yang harus diperhatikan.

Cepat Puas dan Mudah menyerah

Cepat puas dan mudah menyerah adalah penyakit dari pelaku bisnis online yang tidak bertahan lama. Puas dengan penghasilan yang telah dicapai itu sah-sah saja. Namun harus dipahami bahwa bisnis online itu sangat dinamis.

Perubahan bisa terjadi kapan saja, persaingan sangat ketat. Sehingga ketika rasa puas itu mulai membunuh kreatifitas maka disitulah awal rasa mudah menyerah muncul.

Ada perasaan bahwa bisnis online itu sesuatu yang sangat menyibukkan. Harus belajar strategy internet marketing, harus bisa menjalankan periklanan online, dan masih banyak lainnya. Padahal ketika hal itu ditekuni, dipelajari dengan sungguh-sungguh maka hasilnya bisa maksimal.

Temukan tips menarik bisnis online lainnya pada halaman tips bisnis online.

Bisnis online mudah dijalankan itu ketika semua prosesnya dinikmati. Fokus pada target pencapaian tidaklah masalah, namun semua proses harus tetap dijalani. Cara install akan mendatangkan hasil yang cepat kadaluarsa pula, tidak bertahan lama.

Berhenti menganggap segala sesuatu terlalu mudah, namun jangan bebankan pikiran dengan menganggapnya terlalu sulit. Hal terpenting adalah menjalani dan menikmati semua prosesnya.

Leave a Reply