5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Online

Untuk membangun sebuah bisnis online tentunya dibutuhkan modal usaha. Permasalahannya adalah bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis online. Mungkin beberapa solusi sudah terpikirkan oleh anda.

Atau bisa jadi anda memutuskan untuk memulai bisnis online karena sudah memiliki dana yang tidak terpakai. Daripada tersimpan saja tanpa menghasilkan apa-apa lebih baik dijadikan modal bisnis.

Permasalahannya adalah bagaimana kalau belum ada dana yang akan dialokasikan untuk bisnis online. Semua dana yang ada sudah dipersiapkan untuk kebutuhan tertentu, termasuk tabungan hari tua.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi keterbatasan modal. Mungkin salah satunya cocok untuk anda. Silahkan disimak beberapa tips berikut:

Membangun Bisnis Bersama

Sebuah bisnis biasanya dimulai dari ide kreatif. Ketika anda adalah pemilik ide tetapi tidak memiliki modal. Maka anda bisa membangun bisnis bersama orang terdekat anda.

Buat sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan. Bisnis bisa dijalankan bersama, anda sebagai pemilik ide dan teman anda adalah pemilik modal. Bersatu, bekerja bersama menjadi pengelola bisnis.

Tentunya dengan membangun bisnis bersama, memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda dan rekan bisnis anda harus bijak menyikapinya.

Cari Investor

Pada dasarnya mencari investor konsepnya hampir sama dengan membangun usaha bersama. Namun dengan mencari investor bisa jadi orang tersebut adalah orang yang belum anda kenal sebelumnya.

Selain itu, investor murni pemilik modal dan tidak terlibat secara langsung dalam pengelolaan bisnis.

Untuk mendapatkan investor tentunya anda harus bisa mempresentasikan ide bisnis anda. Semakin kreatif ide bisnis yang anda miliki semakin besar pula peluang anda mendapatkan modal dari investor.

Cara ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya sudah pasti anda pahami bahwa ada bagi hasil yang besarnya tergantung kesepakatan yang dibuat.

Cari Pinjaman

Masih memiliki kemiripan dengan dua cara sebelumnya. Namun dengan pinjaman usaha yang anda bangun tidak memiliki hubungan dengan pemilik modal.

Hubungan pemilik modal dengan anda adalah hubungan personal. Jadi, untung atau ruginya bisnis yang anda bangun tidak akan berpengaruh apapun terhadap pemilik modal.

Kekurangannya adalah tentunya bahwa semua kerugian anda tanggung sendiri. Jadi semuanya benar-benar anda tanggung sendiri. Anda juga memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana yang anda pinjam sesuai batas waktu yang ditentukan.

Untuk pinjaman sendiri bisa sangat beragam berdasarkan sumbernya.

  • Pinjaman dari keluarga.
  • Pinjaman dari teman.
  • Pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Anda bisa mengajukan pinjaman pada beberapa situs penyedia modal bisnis online yang ada:

  1. Mitra Toppers dari Tokopedia.
  2. Kitabisa.com
  3. Modalku.co.id
  4. Gandengtangan.org
  5. Mekar.id
  6. Uangteman.com
  7. Drrupiah.com
  8. Cekaja.com
  9. Credy.co.id
  10. Duitpintar.com
  11. Teralite.com
  12. Investree.id
  13. dan masih banyak lainnya.

Menjual Barang pribadi

Ketika anda tidak ingin mengambil risiko dari tiga pilihan di atas maka anda bisa mencoba alternatif yang satu ini. Menjual barang pribadi. Anda mungkin memiliki barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi atau mampu menutupi modal yang anda butuhkan.

Tentunya anda harus merelakan barang anda. Berusaha keras untuk bisa mencapai profit besar agar bisa membeli kembali barang yang sama.

Mulai Menabung

Cara ini mungkin adalah cara terakhir dan paling lama. Ketika anda baru berusaha menabung ketika sudah memiliki ide maka proses eksekusi ide anda akan lebih lama. Anda harus menunggu dana anda terkumpul sampai mencukupi modal yang anda butuhkan.

Pilihan lainnya adalah menjalankan dengan modal yang anda miliki sekarang. Sambil berusaha mengumpulkan uang tambahan. Artinya bahwa anda berusaha mengamankan ide anda dan memperkenalkan brand anda.

Temukan tips menarik lainnya pada halaman tips bisnis online.

Ketika anda yakin bahwa ide bisnis anda memiliki peluang besar untuk sukses. Maka jangan pernah berpikir terlalu lama. Jangan biarkan ide anda mengendap karena persoalan modal.

Anda bisa mencoba salah satu cara mendapatkan modal usaha di atas untuk mengatasi permasalahan modal yang anda hadapi.

Semoga tips bisnis online ini membantu. Sampai ketemu pada tulisan berikutnya.

Leave a Reply