Cara Mengelola Halaman Facebook Untuk Bisnis Online

Menjalani profesi sebagai seorang Facebook Marketing dimulai dengan mengelola halaman Facebook. Mungkin secara sepintas halaman Facebook tanpak sama saja dengan akun personal. Namun pada dasarnya halaman Facebook dibuat untuk tujuan bisnis.

Jadi dengan adanya halaman Facebook untuk bisnis online yang dijalankan membawa kita pada bisnis yang lebih profesional. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya halaman facebook adalah sebagai berikut:

  1. Target pasar lebih terarah.
  2. Dapat membuat iklan.
  3. Akun bisnis dan akun personal terpisah.
  4. Integrasi dengan akun lain.

Cara Mengelola Halaman Facebook

Lalu bagaimana cara mengelola akun Facebook untuk bisnis online? Dari segi postingan mungkin hampir sama saja dengan postingan pada akun personal. Tetapi ada beberapa hal yang perlu dilakukan sehingga halaman Facebook yang dikelola bisa menjadi sebuah toko online profesional.

Proses Pembuatan

Pengelolaan halaman Facebook yang tepat dimulai dari proses pembuatan. Jadi sebelum membuat halaman Facebook pastikan bahwa halaman yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Pastikan anda sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam membangun brand bisnis anda. Beberapa kebutuhan yang diperlukan sebagai kelengkapan data halaman adalah sebagai berikut:

  1. Logo Brand Bisnis.
  2. Nama Bisnis (username).
  3. Sampul halaman.
  4. Lokasi bisnis.
  5. Kontak.
  6. Deskripsi singkat.
  7. Akun yang akan dihubungkan.

Proses Posting

Proses posting adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik. Karena kualitas postingan akan menentukan calon pelanggan betah atau tidak. Postingan pada halaman bisa berupa teks, gambar dan video atau gabungan diantaranya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar kualitas postingan tetap terjaga adalah sebagai berikut.

  • Waktu posting

Pertama adalah kapan anda akan membuat sebuah postingan. Sebaiknya anda memposting sesuai dengan mempertimbangkan waktu luang calon pelanggan anda. Dengan target pasar yang spesifik tentunya anda dapat memprediksi kapan target pasar membuka akun Facebook mereka.

  • Jumlah Posting

Selanjutnya adalah berapa jumlah postingan yang anda buat setiap harinya. Jumlah postingan harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan juga kemungkinan terlihat oleh target pasar. Jadi, bukan sekedar banyaknya jumlah postingan tapi seberapa besar kemungkinannya terbaca.

  • Materi Posting

Persiapan materi postingan juga harus diperhatikan dengan baik. Apakah postingan hanya berupa teks saja, atau teks dan gambar, atau teks dan video atau video saja.

Namun pada dasarnya sebuah postingan yang baik harus selalu disertai tesk. Karena setiap postingan sebaiknya memiliki teks berupa call to action. Artinya bahwa ada arahan kepada target pasar untuk melakukan sesuatu setelah melihat postingan yang dibuat.

Proses Promosi

Tentunya halaman yang dibuat ingin dikenal dan mendapatkan like yang banyak. Like yang banyak akan mempengaruhi tingkat interaksi. Dengan tingkat interaksi yang tinggi setiap harinya membuat sebuah halaman akan semakin populer.

Promosi halaman dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara konvensional (Gratis) atau menggunakan iklan (berbayar).

  • Promosi Konvensional

Cara promosi secara gratis bisa dilakukan dengan mengundang teman-teman diakun Facebook personal untuk like halaman. Anda bisa memfilter terlebih dahulu dengan mengundang teman yang kemungkinan besar adalah target pasar potensial.

Cara berikutnya adalah dengan membagikan halaman Facebook. Anda bisa membagikan pada kronologi akun personal anda sendiri. Membagikan ke kronologi teman, atau membagikan ke group yang anda ikuti.

  • Promosi Berbayar

Untuk hasil yang lebih cepat dan target pasar yang lebih tepat anda bisa menggunakan tools periklanan Facebook. Inilah kelebihan halaman karena anda bisa membuat iklan dengan target pasar yang lebih terarah.

Baca: Cara Membuat Iklan Facebook Yang Tepat

Proses Pelayanan

Banyak pelaku bisnis yang menjadikan Facebook hanya sekedar sebagai media pemasaran. Sementara untuk pelayanan dialikan ke media lain. Misalnya pelayanan hanya menggunakan social messenger seperti whatsapp dan BBM atau diarahkan ke website pelayanan.

Anda tentunya dapat menentukan sendiri apakah akan melayani pada kolom komentar yang tersedia atau mengarahkan pada media lain. Tentunya pilihan ini tergantung juga dengan jenis produk yang dipasarkan secara online.

Untuk hasil terbaik dalam mengelola halaman facebook sebagai media pemasaran, maka perlu interaksi yang tanggap. Artinya bahwa setiap interaksi yang masuk harus dijawab dengan segera. Komentar dan pesan harus segera dibalas agar pelanggan merasa senang, selain itu Facebook juga memberikan kepercayaan bahwa halaman yang dikelola benar-benar profesional.

Semoga tips tentang cara mengelola halaman facebook untuk bisnis online ini bermanfaat. Mari menerapkan dan memberikan improvisasi lebih untuk hasil lebih baik lagi.

Leave a Reply